Karakteristik peserta didik
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
1. Pengertian individu sebagai peserta didik
Berasal dari kata Indivera = suatu kesatuan organisme yang tak dapat dibagi bagi lagi
2. Makna pertumbuhan dan perkembangan
pertumbuhan => perubahan yang bersifat kuantitatif
Perkembangan => perubahan yang bersifat kualitatif
3. Kebutuhan manusia dalam perkembangannya
Primer
sekunder
4. Karakteristik individu sebagai peserta didik
- Setiap individu memiliki ciri, sifat bawaan (heredity) dan karakteristik yang diperoleh dari pengaruh lingkungan di sekitarnya.
- Karakteristik yang berkaitan dengan perkembangan faktor biologis cenderung lebih bersifar tetap (ajeg), sedangkan karakteristik yang berkaitan dengan faktor psikologis lebih mudah berubah karena dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungan
- Pada hakikatnya manusia merupakan pribadi yang utuh, khas, dan memiliki sifat-sifat sebagai makhluk individu. Kebutuhan pribadi manusia meliputi kebutuhan fisik dan kebutuhan sosiopsikologis.
5. Faktor yang mempengaruhi perkembangan pribadi
Faktor pembawaan
Faktor lingkungan
6. Aliran tentang faktor yang mempengaruhi perkembangan
a. Aliran nativisme
b. Aliran empirisme
c. Aliran konvergensi
7. Perbedaan individu dalam perkembangan pribadi
Faktor keturunan + lingkungan = perbedaan individu
8. Pengaruh perkembangan kehidupan pribadi terhadap tingkah laku
Proses perkembangan kehidupan sebelumnya + interaksi dengan lingkungan + kejadian sekarang => kepribadian tingkah laku seseorang
9. Upaya pengembangan kehidupan pribadi
- Membiasakan hidup sehat dan teratur serta pemanfaatan waktu secara baik.
- Mengerjakan tugas secara mandiri dengan penuh tanggung jawab.
- Membiasakan hidup bermasyarakat.
- Melatih cara merespons berbagai masalah yang dihadapi dengan baik
- Mengikuti dan mematuhi aturan kehidupan keluarga dengan disiplin.
- Melaksanakan peran sesuai dengan status dan tanggung jawab dalam kehidupan berkeluarga.
- Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan.
- Menciptakan suasana yang kondusif dan keteladanan oleh pihak yang memiliki otoritas.
10. Pertumbuhan dan perkembangan individual
- pertumbuhan fisik
- perkembangan intelek
- perkembangan emosi
- perkembangan sosial
- perkembangan bahasa
- bakat khusus
- Sikap,nilai,dan moral
11. Pertumbuhan fisik
- pertumbuhan sebelum lahir
- pertumbuhan setelah lahir
12. Perkembangan intelek
- masa sensori motorik (0,0-2,5 tahun)
- masa praoperasional (2,0-7,0 tahun)
- masa konkreta praoperasional (7,0-11,0 tahun)
- masa operasional (11,0-dewasa)
13. Perbedaan individual peserta didik
- perbedaan kognitif
- perbedaan dalam kecakapan bahasa
- perbedaan dalam kecakapan motor,
- perbedaan dalam latar belakang
- perbedaan bakat
- perbedaan dalam kesiapan belajar
14. Otak sebagai pusat belajar terdiri dari
- batang otak yang berfungsi motorik-sensorik-pengetahuan fisik yang berasal dari pancaindera.
- Sistem limbik yang berfungsi sebagai menyimpan perasaan, mengatur bioritme tubuh.
- neokorteks yang berfungsi sebagai pusat kecerdasan.
15. Karakteristik cara belajar tiap individu
- Visual
- auditorial
- kinestetik
4.14.2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar
interest with this post???
please leave a comment ^^
감사합니다 ^^